Disdukcapil Berau Genjot Transformasi Digital Lewat Gebyar IKD
OKEGAS.ID, Tanjung Redeb – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Berau terus mendorong percepatan transformasi layanan administrasi kependudukan berbasis digital. Upaya tersebut diwujudkan melalui penyelenggaraan Gebyar Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang menjadi bagian dari penguatan ekosistem digital terpadu di daerah.
Kepala Disdukcapil Berau, Divid Pamuji menyebut IKD sebagai fondasi penting bagi arah kebijakan publik di masa depan. Menurutnya, Identitas Kependudukan Digital akan menjadi kunci integrasi berbagai layanan publik, baik milik pemerintah maupun pihak swasta.
“Menurut saya, IKD adalah pondasi kebijakan publik ke depan dalam rangka transformasi digital pelayanan publik. IKD diposisikan sebagai kunci utama untuk mengintegrasikan berbagai layanan digital pemerintah dan swasta, dengan tujuan mewujudkan efisiensi, aksesibilitas, dan inklusivitas pelayanan,” ujarnya.
Meski demikian, ia mengakui bahwa tingkat kesadaran masyarakat terhadap pentingnya IKD masih rendah. Masyarakat belum sepenuhnya memahami manfaat identitas digital serta belum adanya regulasi wajib dari Kementerian Dalam Negeri menjadi kendala tersendiri.
“Kesadaran masyarakat tentang manfaat IKD masih kurang. Sampai saat ini belum ada regulasi dari Kemendagri yang mewajibkan setiap warga memiliki IKD saat mengurus layanan publik, karena masih menggunakan KTP elektronik,” jelasnya.
Untuk mengatasi hal tersebut, Disdukcapil tengah menggalakkan sejumlah strategi. Salah satunya adalah memperkuat **kerja sama layanan jemput bola** agar aktivasi IKD lebih mudah dijangkau masyarakat. Selain itu, pihaknya sedang menyiapkan **model percontohan layanan IKD** yang memungkinkan aktivasi dilakukan di kantor pemerintah kampung melalui petugas yang sudah diberi pelatihan.
“Saat ini kami sedang merancang percontohan agar pelayanan aktivasi IKD dapat dilakukan cukup di kantor pemerintah kampung masing-masing melalui staf di 100 kampung,” kata Divid.
Di sisi lain, sosialisasi juga terus dilakukan melalui berbagai saluran, termasuk kegiatan publik, edukasi tatap muka, hingga pemanfaatan media sosial.
Disdukcapil berharap langkah ini dapat mempercepat pemanfaatan identitas digital di Berau sehingga masyarakat dapat merasakan layanan administrasi yang lebih sederhana dan efisien sejalan dengan agenda digitalisasi pemerintah.(ADV*/pan)


Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.