Kabag Prokopim Setkab Berau Gagas Aplikasi “Siap Pimpinan”, Atur Agenda Kepala Daerah Berau Lebih Terintegrasi
OKEGAS.ID, Tanjung Redeb – Pemerintah Kabupaten Berau kini resmi memiliki sistem digital untuk mengelola dan mengoordinasikan seluruh agenda kegiatan kepala daerah. Aplikasi bernama Siap Pimpinan (Digital Sistem Manajemen Agenda Protokoler dan Komunikasi Pimpinan) secara resmi diluncurkan oleh Wakil Bupati Berau, Gamalis, pada Selasa (20/5/2025).
Aplikasi ini merupakan gagasan inovatif dari Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Sekretariat Kabupaten (Setkab) Berau, Agus Sutanto. Siap Pimpinan dirancang untuk mengatasi masalah tumpang tindih agenda dan miskomunikasi yang kerap terjadi selama ini, khususnya dalam koordinasi kegiatan Bupati, Wakil Bupati, dan Sekretaris Kabupaten.
“Aksi perubahan ini muncul karena selama ini sering terjadi benturan agenda kegiatan kepala daerah. Dengan adanya sistem ini, koordinasi dan pengaturan kegiatan bisa lebih tertata dan terintegrasi,” jelas Agus Sutanto.
Aplikasi ini memudahkan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengajukan permohonan protokol, mulai dari pengisian data hingga konfirmasi kehadiran pejabat, secara real-time. Selain itu, aplikasi juga menyediakan ruang komunikasi antar tim protokol, ajudan, dokumentasi, dan komunikasi pimpinan agar semua pihak dapat saling berkoordinasi secara terstruktur dan terdokumentasi.
“Selama ini koordinasi masih dilakukan secara manual atau melalui pesan pribadi yang tidak terintegrasi, sehingga sering terjadi miskomunikasi dan agenda yang tumpang tindih,” tambah Agus.
Dibangun dengan pendekatan user-friendly, berbasis web dan mobile, aplikasi ini dapat disesuaikan dengan dinamika lapangan yang cepat berubah.
Wakil Bupati Berau, Gamalis, menyambut baik peluncuran aplikasi ini. Menurutnya, aplikasi Siap Pimpinan akan menjadi solusi untuk menyusun agenda pimpinan secara lebih rapi dan sistematis.
“Banyak undangan dari OPD datang silih berganti, bahkan dalam sehari bisa bertumpuk. Kami sering kebingungan menentukan agenda mana yang harus diprioritaskan. Dengan aplikasi ini, semuanya bisa lebih terorganisir,” tegas Gamalis.
Ia pun meminta agar aplikasi ini segera disosialisasikan, khususnya kepada OPD yang kerap mengadakan kegiatan dan membutuhkan layanan protokol. Dengan sistem ini, koordinasi antar perangkat daerah dan pimpinan diharapkan dapat berjalan lebih efisien dan transparan. (Divana)
Tinggalkan Balasan
Anda harus masuk untuk berkomentar.