Dengan hasil ini, Perumda Batiwakkal berhasil membukukan laba sebesar Rp 5,27 miliar. Peningkatan laba ini dicapai meski tanpa adanya perubahan tarif dari tahun 2011. Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Perumda Batiwakkal, Saipul Rahman, Senin, (1/4/2024).

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Masyarakat Memilih, Siapa yang Layak Memimpin Berau 2025-2030?
{{row.Answer_Title}}
  • {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}
VS VS

“Selain itu capaian lain hasil audit mandiri yang dilakukan oleh Perumda Batiwakkal sesuai indikator  Kementerian PUPR adalah sebesar 4,13.” katanya Saipul.

Hasil ini, jelasnya, akan dievaluasi oleh BPKP Kaltim April 2024 mendatang. Berdasarkan publikasi Kementerian PUPR yang merupakan hasil Evaluasi Kinerja oleh BPKP Tahun 2022, Perumda Air Minum Batiwakkal mencapai nilai 3,795 atau tertinggi di Kaltim.

“Perseroda Tirta Manutung Balikpapan mendapat nilai 3,790 dan Perumda Tirta Tuah Kutim ada di peringkat ketiga,” jelasnya.

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Masyarakat Memilih, Siapa yang Layak Memimpin Berau 2025-2030?
{{row.Answer_Title}}
  • {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}
VS VS

“Dilaporkan pula kepada KPM bahwa pada tahun 2023, Perumda Batiwakkal berhasil meraih penghargaan Keterbukaan Informasi Publik peringkat kedua dengan predikat Informatif setelah Bank Kaltimtara.” tambahnya.

Selain itu, Saipul juga menyampaikan hasil survei kepuasan pelanggan yang dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri PAN RB dengan nilai 73 atau predikat “baik” .

“Survei ini juga menemukan bahwa 85 persen lebih pelanggan Perumda Air Minum Batiwakkal puas dan sangat puas dengan pelayanan Perumda Batiwakkal kepada masyarakat,” bebernya.

Meski demikian, target penambahan sambungan baru masih kurang terpenuhi. Hal ini disebabkan karena masih kurangnya jaringan pipa distribusi Perumda Batiwakkal sehingga tahun 2023 lalu lebih dari 1.800 calon pelanggan belum bisa terlayani. Dari target 4.000 SR (sambungan rumah) Perumda Batiwakkal hanya mampu memenuhi 3.014 SR.

Terkait hal tersebut, Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, selaku Kuasa Pemilik Modal (KPM) yang didampingi Dewan Pengawas Mustakim Suharjana menyatakan dapat menerima pertanggungjawaban Direktur dalam mengelola Perusahaan. Dalam arahannya KPM menekankan untuk menguatkan koordinasi dengan Dinas PUPR dan OPD terkait agar cakupan layanan bisa lebih ditingkatkan lagi.

“Saya minta Perumda Batiwakkal terus memperluas cakupan layanan kepada masyarakat,” tegasnya.

Selain itu Sri Juniarsih menekankan agar Perumda Air Minum Batiwakkal jangan cepat berpuasa diri. Akan tetapi terus berbenah agar dapat melayani masyarakat dengan baik.

“Ini penting karena air minum merupakan layanan dasar bagi masyarakat,” tegas Sri Juniarsih. (*)

Reporter: Yohanes

Editor: Hardianto